RENCANA KERJA SEKOLAH
SMP NEGERI 3 BANYUATES SATU ATAP
JALAN KH. ABDURRAHMAN WAHID
DESA ASEMJARAN KEC. BANYUATES SAMPANG
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
DINAS PENDIDIKAN KAB. SAMPANG
PROVINSI JAWA TIMUR
TAHUN 2010
HALAMAN PENGESAHAN
RENCANA KERJA SEKOLAH
Tahun 2010/2011 – 2013/2014
SMP NEGERI 3 BANYUATES SATU ATAP
Jalan KH. Abdurrahman Wahid
Desa Asemjaran Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang
Ketua Komite Sekolah Kepala Sekolah
A C H M A D I A S Y ‘ A R I, S.Pd.SD
NIP. 19580705 197907 1 002
Mengetahui
Kepala Dinas Kabupaten Sampang
Drs. HERI PURNOMO, M.Pd
Pembina Tk. I
NIP. 19590918 199303 1 010
KATA PENGANTAR
ASSALAMUALAIKUM WR. WB.
Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan Puji syukur kehadirat ALLAH SWT. atas limpahan Rahmat-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Rencana Kerja Sekolah Tahun 2010/2011 s/d 2013/2014
Rencana Kerja Sekolah ini berisikan gambaran tentang berbagai aspek kekuatan, kelemahan serta pengembangan dan peningkatan yang berkaitan dengan kelembagaan, ketenagaan, pembelajaran, kesehatan, sarana prasarana kesiswaan, kemasyarakatan maupun peningkatan kegiatan yang di kembangkan di SMP Negeri 3 Banyuates Satu Atap Kabupaten Sampang.
Rencana Kerja Sekolah ini di harapkan dapat menjadi acuan dan landasan oleh semua pihak yang terkait agar termotivasi memiliki gairah dan komitmen untuk berpartisipasi aktif – konstruktif. Partisipasi aktif – konstruktif dari berbagai pihak di harapkan dapat mewujudkan suatu lembaga pendidikan yang unggul, berprestasi dan pada akhirnya menghasilkan manusia masa depan yang bertaqwa, menguasai Iptek, berperilaku hidup sehat sehingga mampu bersaing dengan bangsa di dunia yang telah maju.
Kami menyadari bahwa Rencana Kerja Sekolah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu kritik dan saran selalu kami nantikan.
Sampang, 2010
Kepala Sekolah,
A S Y ‘ A R I, S. Pd.SD
NIP. 19580705 197907 1 002
DAFTAR ISI
Halaman Judul ..........................................................................................................
Halaman Pengesahan .....................................................................................................
Kata Pengantar ..............................................................................................................
Daftar Isi ........................................................................................................................
BAB I Pendahuluan.....................................................................................
A. Tujuan dan Manfaat RKS
B. Landasan Hukum
BAB II Visi, Misi, Tujuan ............................................................................
A. Visi Sekolah ..............................................................................
B. Misi Sekolah ..............................................................................
C. Tujuan Sekolah ..........................................................................
BAB III Profil Sekolah ......................................................................................
BAB IV Program Kerja Sekolah ........................................................................
BAB V Rencana Anggaran Sekolah .................................................................
BAB VI Penutup ...............................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Tujuan dan Manfaat RKS
- Menjamin agar perubahan / tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil;
- Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah
- Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah , antar sekolah dan dinas pendidikan kota, dan antar waktu;
- Menjamin keterkaitan antara peren-canaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;
- Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat;
- Menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
B. Landasan Hukum
n Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
n Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
n Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
n Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan
n Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005 – 2009
n Permendagri No 13 Tahun 2006 / No. 30 Tahun 2007
BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A. VISI
“MEMBENTUK INSAN YANG UNGGUL DALAM IPTEK DAN MANTAP DALAM IMTAQ”
B. MISI
“Memperkokoh Iman dan Taqwa, Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Tekun Meraih Kecerdasan, Terampil dan Berwibawa di Masyarakat”.
C. TUJUAN
Tujuan Sekolah berdasarkan Visi dan Misi
1. Mengembangkan metode pembelajaran agar menciptakan suasana yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan inovatif.
2. Memiliki Kurikulum yang dapat dikembangkan dengan mengadopsi Kurikulum Regional dan Internasional.
3. Memiliki Kurikulum muatan lokal dengan standar yang baku.
4. Memiliki silabus dari kelas VII sampai kelas IX.
5. Memiliki pemetaan SK, KD, Indikator, untuk kelas VII s/d IX.
6. Melaksanakan sistem penilaian, remidi dan pengayaan.
7. Mencapai standar proses sesuai Standar Nasional Pendidikan yang dikembangkan dengan mengadopsi kurikulum internasional.
8. Melaksanakan sistem remidial untuk semua mata pelajaran.
9. Melaksanakan tata tertib sekolah.
10. Mencetak siswa yang menguasai TIK dengan standar nasional.
11. Melaksanakan kegiatan sholat jamaah dhuhur setiap hari.
12. Mendidik siswa berbudi luhur, sopan dan berwibawa.
13. Mencapai kepuasan stickholder.
BAB III
PROFIL SEKOLAH
1. Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Banyuates Satu Atap
Alamat : Jalan KH. Abdurrahman Wahid
Desa / Kelurahan : Asemjaran
Kecamatan : Banyuates
2. Nama Instansi : Dinas Pendidikan Kab. Sampang
Alamat & No. Telp : Jl. Jaksa Agung Suprapto No.77
NSS/NSM/NDS : 20.1.05.27.09.087
3. Nama Kepala Sekolah : A S Y ‘ A R I, S.Pd.SD
4. Jenjang Akreditasi :
5. Tahun Didirikan / Th. Beroperasi : 2006
6. Kepemilikan Tanah / Bangunan : Milik Pemerintah/Milik Yayasan/Milik Pribadi/Menyewa/Menumpang
a. Status : Sertifikat HM/HGB/Hak Pakai Akte Jual-Beli/Hibah
b. Luas Tanah : m2
7. Status bangunan : Milik Pemerintah/Milik Yayasan/Milik Pribadi/Menyewa/Menumpang
8. Data Siswa dalam 4 (empat tahun terakhir) :
Tahun Ajaran | Jumlah Pendaftaran (Calon Siswa Baru) | Kelas VII | Kelas VIII | Kelas IX | Jumlah | ||||
Jlh. Siswa | Jlh. Rombel | Jlh. Siswa | Jlh. Rombel | Jlh. Siswa | Julh. Rombel | Siswa | Rombel | ||
2006/2007 | 44 | 44 | 1 | - | - | - | - | 44 | 1 |
2007/2008 | 60 | 60 | 2 | 40 | 1 | - | - | 100 | 3 |
2008/2009 | 62 | 62 | 2 | 48 | 2 | 37 | 1 | 147 | 5 |
2009/2010 | 64 | 64 | 2 | 46 | 2 | 45 | 2 | 155 | 6 |
9. Data Ruang kelas / Lap. IPA/ Perpustakaan / R. Keterampilan
a. Ruang Kelas VII 1 ruang kondisi baik 1 ruang dan rusak - ruang
b. Ruang kelas VIII - ruang kondisi baik - ruang dan rusak - ruang
c. Ruang kelas IX - ruang kondisi baik - ruang dan rusak - ruang
d. Laboratorium IPA - ruang kondisi baik - ruang dan rusak - ruang
e. R. Perpustakaan - ruang kondisi baik - ruang dan rusak - ruang
f. R. Keterampilan - ruang kondisi baik - ruang dan rusak - ruang
10. Kebutuhan Ruang
Ruang kelas baru yang dibutuhkan : 5 ruang
Lab IPA yang dibutuhkan : 1 ruang
Perpustakaan yang dibutuhkan : 1 ruang
R. Keterampilan yang dibutuhkan : 1 ruang
11. Data Guru
a. Jumlah Guru Keseluruhan : 23 orang
b. Guru PNS : 3 orang
c. Guru Tidak Tetap : 20 orang
d. Guru PNS DPK : - orang
e. Staf Tata Usaha : - orang
BAB IV
PROGRAM KERJA SEKOLAH
Alternatif Pemecahan | Program | Penanggung Jawab | Sasaran | Indikator | Kegiatan | ||||
Memberikan beasiswa | Kesiswaan | - kepala sekolah - komite | 40 orang anak memperoleh beasiswa | 40 orang anak telah memperoleh beasiswa | Bantuan kepada siswa yang secara ekonomi kurang mampu sebanyak 40 orang | ||||
1 guru harus berbanding dengan 40 siswa. | Kesiswaan | - kepala sekolah - WKS I kurikulum | Penambahan 5 ruang kegiatan belajar dalam satu tahun | Ruanagan kelas telah berkapasitas maksimal 40 siswa | Penambahan 5 ruang kegiatan belajar | ||||
Menggali minat siswa dengan mengadakan perlombaan akademik antar kelas. | Kesiswaan | - WKS III kesiswaan | Mengadakan perlombaan dalam bidang akademik | Telah terlaksananya perlombaan dalam bidang akademik | a. Perlombaan cerdas cermat seluruh bidang studi antar tingkat kelas b. Perlombaan Olimpiade MIPA antar tingkat kelas c. Perlombaan Olimpiade MIPA antar sekolah sekotamadya | ||||
Guru diwajibkan dapat menganalisis setiap proses hasil belajar | Kurikulum | - wakil kepsek - WKS I kurikulum - Guru mata pelajaran | Setiap guru mata pelajaran menganalisis proses hasil belajar | Setiap guru mata pelajaran telah menganalisis proses hasil belajar | a. workshop analisis proses hasil belajar guru bidang studi b.pendataan portofolio analisis hasil belajar | ||||
Menyampaikan materi pelajaran dengan metode yang bervariasi. | Kurikulum | - wakil kepsek - WKS I kurikulum - Guru mata pelajaran | Setiap guru mata pelajaran menyampikan materi dengan metode yang bervariasi | Setiap guru mata pelajaran telah menyampikan materi dengan metode yang bervariasi | a. workshop medode pembelajaran yang PAKEM. b. MGMP pembelajran yang PAKEM setiap minggu. | ||||
Memilih pelatih untuk kegiatan pramuka, PBB, UKS, Drum Band | Kurikulum | - WKS III kesiswaan - Guru olahraga | Penugasan 2 orang guru pembina/pendamping kegiatan ekstrakulikuler dalam bidang pramuka | 2 orang guru bertugas membina kegiatan pramuka, 2 orang anggota ramil, 2 orang dari kesehatan, 1 orang pelatih drum band. | a. pelatihan 2 guru pembina/pendamping pramuka b. penugasan 2 guru sebagai pembina pramuka. | ||||
Penambahan dana untuk buku TIK | Kurikulum | - kepala sekolah - bendahara | Tersedianya dana untuk penambahan buku TIK dan computer | Telah tersedianya dana untuk penambahan buku TIK dan komputer | a. penambahan buku TIK sebanyak 130 buku b. penambahan fasilitas komputer sebanyak 40 unit | ||||
Perbaikan alat/sumber belajar yang rusak. | Kurikulum | - kepala sekolah - WKS II sarana prasarana | Setiap alat/sumber belajar yang rusak dapat diper baiki | Alat/sumber belajar yang rusak telah diper baiki | a. perbaikan komputer 2 unit b. perbaikan printer 2 unit c. pergantian papan tulis sebanyak 5 buah | ||||
Adanya catatan khusus guru tentang perkembangan siswa. | Kurikulum | - kepala sekolah - WKS I kurikulum - Guru mata pelajaran | Guru membuat catatan khusus tentang perkembangan siswa setiap tahun | Guru telah membuat catatan khusus tentang perkembangan siswa setiap tahunnya | a. penyediaan buku catatan khusus ( anekdod ) tentang perkembangan siswa setiap semester b. workshop tentang catatan khusus ( anekdod ) tentang perkembangan siswa | ||||
Tersedianya dana untuk penambahan kelengkapan ruang Lab. IPA, komputer dan multimedia. | Sarana dan Prasarana | - kepala sekolah - WKS II sarana /prasarana | Penambahan dana untuk kelengkapan ruang lab IPA, komputer dan multimedia | Akan tersedianya dana untuk kelengkapan ruang lab IPA, komputer dan multimedia | a. pendataan kelengkapan ruang lab. Ipa , komputer dan multimedia b. penyediaan dana untuk penambahan kelengkapan ruang lab.ipa, komputer dan multimedia |
Adanya guru yang khusus menjaga/meerawat alat-alat dilab .IPA. | Sarana dan Prasarana | - kepala sekolah - WKS II sarana /prasarana | Petugas khusus Lab.Ipa | 2 orang guru telah bertugas untuk menjaga / merawat alat-alat di lab IPA | a. mengangkat 2 orang petugas khusus lab. Ipa yang profesional b. pelatihan petugas lab. Ipa yang kontiniu |
Pihak sekolah dan komite mengajukan proposal permohonan kepada pemerintah setempat untuk penambahan komputer. | Sarana dan Prasarana | - kepala sekolah - WKS II sarana /prasarana - komite | Membuat proposal permohonan kepada pemerintah setempat untuk penambahan computer | Proposal permohonan telah disetujui oleh pemerintah setempat untuk penambahan komputer | Pembuatan proposal penambahan komputer |
Memberikan pengarahan kepada siswa/i untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi | Sarana dan Prasarana | - WKS II sarana /prasarana - WKS III kesiswaan | Seluruh siswa/i diberikan pengarahan untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi | Siswa/I telah mengerti untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi | a. bimbingan untuk menjaga kebersihan kamar mandi b. pembelian alat-alat untuk kebersihan kamar mandi |
Mengajukan permohonan dana kepada pemerintah setempat untuk pengadaan mesin fotocopi dan faximile. | Sarana dan Prasarana | - kepala sekolah - WKS II sarana /prasarana | Membuat permohonan dana kepada pemerintah setempat untuk pengadaan mesin fotocopi dan faximile. | Permohonan dana telah disetujui oleh pemerintah setempat untuk pengadaan mesin fotocopi dan faximile. | Pembuatan proposal pengadaaan mesin fotocopy dan faximile |
BAB V
RENCANA ANGGARAN SEKOLAH
Uraian Program dan kegiatan strategis | Rencana Biaya | Tahun Pelajaran 2008/2009 Sumber pendanaan | |||||
Total | BOS | Komsek | APBD | APBD Prov | APBN | ||
Program : Kesiswaan Kegiatan : a. Bantuan kepada siswa yang secara ekonomi kurang mampu sebanyak 40 orang b. Bantuan kepada siswa yang memiliki kecerdasan, bakat dan prestasi yang baik sebanyak 10 siswa | Rp. 5.000.000 Rp. 10.500.000 | Rp 15.500.000 | √ | | | √ | |
Program : Kesiswaan Kegiatan : Penambahan 2 ruang kegiatan belajar | Rp. 137.634.000 | Rp. 137.634.000 | | | | | |
Program : Kesiswaan Kegiatan : a. perlombaan cerdas cermat seluruh bidang studi antar tingkat kelas b. perlombaan olimpiade mipa antar tingkat kelas c. perlombaan olimpiade mipa antar sekolah sekotamadya | Rp. 1.000.000 Rp. 700.000 Rp. 300.000 | Rp. 2.000.000 | √ | | | | |
Program : Kurikulum Kegiatan : a. workshop analisis proses hasil belajar guru bidang studi b. pendataan portofolio analisis hasil belajar | Rp. 2.000.000 Rp. 500.000 | Rp 2.500.000 | √ | | | | |
Proram : Kurikulum Kegiatan : a. workshop medode pembelajaran yang PAKEM. b. MGMP pembelajran yang PAKEM setiap minggu. | Rp. 5.000.000 Rp.15.000.000 | Rp 20.000.000 | | | | | |
Program : Kurikulum Kegiatan : a. pelatihan 2 guru pembina/pendamping pramuka b. penugasan 2 guru sebagai pembina pramuka. | Rp. 500.000 Rp. 1.500.000 | Rp 2.000.000 | √ | | | | |
Program : Kurikulum Kegiatan : a. penyediaan buku catatan khusus (anekdod ) tentang perkembangan siswa setiap semester b. workshop tentang catatan khusus (anekdod ) tentang perkembangan siswa | Rp. 500.000 Rp. 2.000.000 | Rp 2.500.000 | √ | | | | |
Program : Kurikulum Kegiatan : a. penambahan buku TIK sebanyak 130 buku b. penambahan fasilitas komputer sebanyak 40 unit | Rp. 5.200.000 Rp. 54.800.000 | Rp 60.000.000 | | | | | |
Program ; Kurikulum Kegiatan : a. perbaikan komputer 2 unit b. perbaikan printer 2 unit c. pergantian papan tulis sebanyak 5 buah | Rp. 2.000.000 Rp. 1.500.000 Rp. 500.000 | Rp 4.000.000 | | | | | |
Program : Sarana/prasarana Kegiatan : a. pendataan kelengkapan ruang lab. Ipa , komputer dan multimedia b. penyediaan dana untuk penambahan kelengkapan ruang lab.ipa, komputer dan multimedia | Rp. 500.000 Rp. 13.500.000 | Rp 14.000.000 | √ | | | | |
Program : Sarana / prasarana Kegiatan : a. mengangkat 2 orang petugas khusus lab. Ipa yang profesional b. pelatihan petugas lab. Ipa yang kontiniu | Rp. 6.000.000 Rp. 1.500.000 | Rp 7.500.000 | √ | | | | |
Program : Sarana / prasarana Kegiatan : Pembuatan proposal penambahan komputer | Rp. 1.000.000 | Rp 1.000.000 | √ | | | | |
Program : Sarana / prasarana Kegiatan : a. bimbingan untuk menjaga kebersihan kamar mandi b. pembelian alat-alat untuk kebersihan kamar mandi | Rp. 3.000.000 | Rp 3.000.000 | √ | | | | |
Program : Sarana / prasarana Kegiatan : Pembuatan proposal pengadaaan mesin fotocopy dan faximile | Rp. 1.000.000 | Rp 1.000.000 | √ | | | | |
BAB VII
P E N U T U P
Dalam penyusunan Rencana Kerja Sekolah ini kami bukan tidak pernah menemui masalah, masalah-masalah selalu muncul mengingat RKS merupakan hal yang baru yang memerlukan konsentrasi dan kemampuan Tim RKS yang sangat tinggi dan merupakan suatu tantangan besar bagi kami Tim RKS dalam menyelesaikan tugas penyusunan RKS yang akurat, akuntabel, berbobot dan dapat di pertanggung jawabkan kepada semua pihak.
Keterbatasan pengetahuan, ilmu dan waktu merupakan tantangan untuk menyiapkan atau menghasilkan suatu RKS sebagaimana yang di harapkan. Oleh sebab itu RKS ini dapat di selesaikan dalam waktu yang cukup panjang lebih kurang 4 bulan dengan hasil yang semaksimal mungkin.
RKS ini di buat di maksudkan sebagai acuan dalam pedoman kerja selama lima tahun kedepan ( 2010 – 2014 ). Penyusunannya di dasarkan atas pengalaman dan prediksi sumber dana yang berasal dari pemerintah dan stake holder. Jika nanti dalam pelaksanaan dan perjalanan prediksi-prediksi tersebut meleset dari rencana yang telah di susun akan di tinjau ulang dan segera di adakan revisi secepatnya.
Keunggulan penyusunan RKS tahun 2010/2011 ini terletak pada tata urutan dan lampiran pendukungnya. Namun demikian pepatah mengatakan “ Tiada Gading Yang tak retak “. Begitu pula dalam penyusunan RKS tahun ini tidak luput dari segala kekurangan. Segala kekurangan akan berkurang apabila kita masing-masing mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya se-optimal mungkin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar