Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IX A
Tanggal : 22 Oktober 2010
K D : 2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
Tim Lesson Study Matematika
SMP .....................
Oktober 2010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP .................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : IX / Ganjil
Standar Kompetensi : 2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar : 2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
Indikator : 1. Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menggunakan rumus volume dan luas selimut tabung, kerucut dan bola untuk memecahkan masalah.
B. Materi Ajar
Tabung, kerucut dan bola
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, pemecahan masalah
D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali luas tabung dan luas kerucut
Motivasi : Banyak manfaat dari materi luas tabung dan luas kerucut
terutama di bidang tehnologi.
b. Kegiatan Inti
a. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 orang
b. Kelompok 1,2 dan 3 diamati oleh Observer 1 ( Ibu Haryati ). kelompok 4 dan 5 diamati oleh Observer 2 ( Ibu Jannatun Nuriyah ), dan kelompok 6,7 dan 8 diamati oleh Observer 3 ( Ibu Tiflah Atikah ) .
c. Siswa diberi permasalahan yang berhubungan dengan luas dan volum tabung serta luas dan volum kerucut untuk didiskusikan bersama dalam kelompoknya masing-masing
d. Beberapa kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok lain menanggapi dan apabila terjadi perbedaan hasil, maka dibahas bersama-sama.
e. Siswa diberi tugas untuk menyelesaikan soal yang berhubungan dengan luas dan volum tabung serta luas dan volum kerucut
c. Penutup
a. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
E. Alat dan Sumber belajar
1. Alat : Penggaris
2. Sumber belajar : Buku teks
F. Penilaian
Tehnik : tes
Bentuk instrumen : Pertanyaan tertulis
Contoh instrumen :
1. Pak Candra akan membuat tandon air tanpa tutup dari lempeng besi berbentuk seperti gambar dibawah ini
Jika tinggi tandon 3 meter, dan diameternya 7 meter berapakah luas lempeng besi yang dibutuhkan untuk membuat tandon air tersebut ?
Sampang, Oktober 2010
Guru Model,
...............................
NIP. .....................
Observer 1 Observer 2 Observer 3
...................................... ....................................... ........................................
NIP. ...................................... NIP. .............................. NIP. ....................................
Mengetahui :
Kepala SMPN Satu Atap 1 Banyuates
A S Y ‘ A R I , S.Pd.SD
NIP. 19580705 197907 1 002
OBSERVASI AKTIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN
KELOMPOK .......................
No. | Aspek yang diamati | Nomor siswa | |||||
1 | 4 | 5 | 7 | Rata2 | |||
I. | Pendahuluan 1. Mempersiapkan diri untuk menerima pelajaran 2. Memperhatikan guru saat menyampaikan tujuan pengajaran yang akan dicapai | 4 3 | 4 2 | 4 1 | 4 4 | 4 2,5 | |
II | Kegiatan Inti : Memperhatikan guru saat mendemonstrasikan pengetahuan atau memberikan informasi | | | | | | |
| Melakukan kegiatan yang sudah ditugaskan oleh guru : 1. membentuk kelompok sesuai percobaan yang dipilih. 2. melakukan kegiatan sesuai dengan langkah kerja yang ditentukan 3. bekerja sama dengan siswa lain dalam kelompok 4. menyampaikan ide atau pertanyaan | | | | | | |
| Mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. | | | | | | |
III | Penutup 1.membuat kesimpulan kegiatan 2.mempresentasikan hasil kegiatan 3.mengerjakan tes yang diberikan | | | | | | |
IV | Penggunaan waktu secara efisien | | | | | | |
Keterangan :
Skor 1 Kategori Kurang sekali ( KS)
Skor 2 Kategori Kurang (K)
Skor 3 Kategori Cukup Baik (CB)
Skor 4 Kategori Baik (B)
Skor 5 Kategori Baik Sekali (BS)
Rekap Observasi Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran
No. | Aspek yang diamati | Skor | Kategori |
I. | Pendahuluan 1.Mempersiapkan diri untuk menerima pelajaran 2.Memperhatikan guru saat menyampaikan tujuan pengajaran yang akan dicapai | 4 2,5 | Baik Cukup baik |
II | Kegiatan Inti : Memperhatikan guru saat mendemonstrasikan pengetahuan atau memberikan informasi | | |
| Melakukan kegiatan yang sudah ditugaskan oleh guru : 1. membentuk kelompok sesuai percobaan yang dipilih. 2. melakukan kegiatan sesuai dengan langkah kerja yang ditentukan 3. bekerja sama dengan siswa lain dalam kelompok 4. menyampaikan ide atau pertanyaan | | |
| Mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. | | |
III | Penutup 1. membuat kesimpulan kegiatan 2. mempresentasikan hasil kegiatan 3. mengerjakan tes yang diberikan | | |
IV | Penggunaan waktu secara efisien | | |
Rekap Observasi Aktifitas Siswa Pembelajaran Kecerdasan majemuk
No. | Aspek Yang diamati | Rata-rata Skor | Kategori |
1 2 3 4 | Pendahuluan Kegiatan Inti Penutup Penggunaan waktu | 3,5 | Baik |
| Rata - rata | | |
Keterangan :
Skor 1 Kategori Kurang sekali ( KS)
Skor 2 Kategori Kurang (K)
Skor 3 Kategori Cukup Baik (CB)
Skor 4 Kategori Baik (B)
Skor 5 Kategori Baik Sekali (BS)
Sampang, 22 Oktober 2010
Observer
.................................................
Kerjakan soal dibawah ini secara individu kemudian dikumpulkan
Pak Candra akan membuat tandon air tanpa tutup dari lempeng besi berbentuk seperti gambar dibawah ini
Jika tinggi tandon 3 meter, dan diameternya 7 meter berapakah luas lempeng besi yang dibutuhkan untuk membuat tandon air tersebut ?
Nama/No. Absen : ……………………………………………..
Kerjakan soal dibawah ini secara individu kemudian dikumpulkan
Pak Candra akan membuat tandon air tanpa tutup dari lempeng besi berbentuk seperti gambar dibawah ini
Jika tinggi tandon 3 meter, dan diameternya 7 meter berapakah luas lempeng besi yang dibutuhkan untuk membuat tandon air tersebut ?
Nama/No. Absen : ……………………………………………..
DENAH KELOMPOK
DAFTAR NAMA KELOMPOK LESSON STUDY MATEMATIKA
SMP .........................................................
KELOMPOK 1:
1. Devi Ekawati ( No absen )
2. Hikmatullaily ( No absen )
3. Nurul laily ( No absen )
4. Moh. Yunus ( No absen )
KELOMOPOK 2: dst.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar