Senin, 06 Juni 2011



RPP



LESSON STUDY



Mata Pelajaran    :  Matematika
Kelas                   :  IX A
Tanggal               :  22 Oktober 2010
                     K D                     :  2.3      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola




Tim Lesson Study Matematika
SMP .....................
Oktober 2010







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                : SMP .................
 Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas                                    : IX / Ganjil


Standar Kompetensi                             :     2.   Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya

Kompetensi Dasar                               :     2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola

Indikator                                              :     1.   Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
                                                           
Alokasi Waktu                                     :     1 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran
a.   Siswa dapat menggunakan rumus volume dan luas selimut tabung, kerucut dan bola untuk memecahkan masalah.

B.   Materi Ajar
      Tabung, kerucut dan bola

C.  Metode Pembelajaran
      Diskusi kelompok, pemecahan masalah

D.  Langkah-langkah Kegiatan

a. Pendahuluan
Apersepsi   : Mengingat kembali luas tabung dan luas kerucut
Motivasi     : Banyak manfaat dari materi luas tabung dan luas kerucut
                    terutama di bidang tehnologi.

b. Kegiatan Inti
a.   Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 orang
b.   Kelompok 1,2 dan 3 diamati oleh Observer 1 ( Ibu Haryati ). kelompok 4 dan 5 diamati oleh  Observer 2 ( Ibu Jannatun Nuriyah ),  dan kelompok 6,7 dan 8 diamati oleh Observer 3 ( Ibu Tiflah Atikah )  .
c.   Siswa diberi permasalahan yang berhubungan dengan luas dan volum tabung serta luas dan volum kerucut untuk didiskusikan bersama dalam kelompoknya masing-masing
d.   Beberapa  kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok lain menanggapi dan apabila terjadi perbedaan hasil, maka dibahas bersama-sama.
e.   Siswa diberi tugas untuk menyelesaikan soal yang berhubungan dengan luas dan volum tabung serta luas dan volum kerucut


c. Penutup
a.   Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
b.   Siswa dan guru melakukan refleksi

E. Alat dan Sumber belajar
                        1. Alat                   :   Penggaris
            2. Sumber belajar  :  Buku teks
F. Penilaian
      Tehnik                         : tes
      Bentuk instrumen        : Pertanyaan tertulis
      Contoh instrumen        :
1.      Pak Candra akan membuat  tandon air tanpa tutup dari lempeng besi berbentuk seperti gambar dibawah ini






 





                                



Jika tinggi tandon 3 meter, dan diameternya 7 meter berapakah luas lempeng besi yang dibutuhkan untuk membuat tandon air tersebut ?






                                                                                                   Sampang,               Oktober 2010
                                                                                                   Guru Model,



                                                                                                   ...............................
                                                                                                   NIP. .....................



              Observer 1                                  Observer 2                              Observer 3



    ......................................               .......................................              ........................................
    NIP. ......................................                 NIP. ..............................               NIP. ....................................





Mengetahui :
Kepala SMPN Satu Atap 1 Banyuates



A S Y ‘ A R I , S.Pd.SD
NIP. 19580705 197907 1 002



















OBSERVASI  AKTIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN

KELOMPOK .......................



No.

Aspek yang diamati
Nomor siswa

1
4
5
7
Rata2

I.

Pendahuluan
1.  Mempersiapkan diri untuk menerima pelajaran
2. Memperhatikan guru saat menyampaikan tujuan pengajaran yang akan dicapai



4

3


4

2


4

1


4

4


4

2,5
II
Kegiatan Inti :
Memperhatikan guru saat mendemonstrasikan pengetahuan atau memberikan informasi







Melakukan kegiatan yang sudah ditugaskan oleh guru :
1.  membentuk kelompok sesuai percobaan yang dipilih.
2.  melakukan kegiatan sesuai dengan langkah kerja yang ditentukan
3.  bekerja sama dengan siswa lain dalam kelompok
4.  menyampaikan ide atau pertanyaan







Mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.






III
Penutup
1.membuat kesimpulan kegiatan
2.mempresentasikan hasil kegiatan
3.mengerjakan tes yang diberikan







IV

Penggunaan waktu secara efisien













                                                                  

Keterangan :
            Skor 1 Kategori Kurang sekali ( KS)
            Skor 2 Kategori Kurang (K)
            Skor 3 Kategori Cukup Baik (CB)
            Skor 4 Kategori Baik (B)
            Skor 5 Kategori Baik Sekali (BS)











   Rekap Observasi  Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran


No.

Aspek yang diamati
Skor
Kategori
I.
Pendahuluan
1.Mempersiapkan diri untuk menerima pelajaran
2.Memperhatikan guru saat menyampaikan tujuan pengajaran yang akan dicapai

4
2,5

Baik
Cukup baik
II
Kegiatan Inti :
Memperhatikan guru saat mendemonstrasikan pengetahuan atau memberikan informasi



Melakukan kegiatan yang sudah ditugaskan oleh guru :
1.  membentuk kelompok sesuai percobaan yang dipilih.
2.  melakukan kegiatan sesuai dengan langkah kerja yang ditentukan
3.  bekerja sama dengan siswa lain dalam kelompok
4.  menyampaikan ide atau pertanyaan



Mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.


III
Penutup
1.      membuat kesimpulan kegiatan
2.      mempresentasikan hasil kegiatan
3.      mengerjakan tes yang diberikan


IV
Penggunaan waktu secara efisien


 

Rekap Observasi  Aktifitas Siswa Pembelajaran Kecerdasan majemuk

No.
Aspek Yang diamati
Rata-rata Skor
Kategori
1
2
3
4
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Penutup
Penggunaan waktu
3,5
Baik

Rata - rata




Keterangan :
            Skor 1 Kategori Kurang sekali ( KS)
            Skor 2 Kategori Kurang (K)
            Skor 3 Kategori Cukup Baik (CB)
            Skor 4 Kategori Baik (B)
            Skor 5 Kategori Baik Sekali (BS)


Sampang, 22 Oktober 2010
Observer




                                                                                                .................................................








Kerjakan soal dibawah ini secara individu kemudian dikumpulkan

Pak Candra akan membuat  tandon air tanpa tutup dari lempeng besi berbentuk seperti gambar dibawah ini




Jika tinggi tandon 3 meter, dan diameternya 7 meter berapakah luas lempeng besi yang dibutuhkan untuk membuat tandon air tersebut ?
                       
                        Nama/No. Absen   : ……………………………………………..



Kerjakan soal dibawah ini secara individu kemudian dikumpulkan

Pak Candra akan membuat  tandon air tanpa tutup dari lempeng besi berbentuk seperti gambar dibawah ini




Jika tinggi tandon 3 meter, dan diameternya 7 meter berapakah luas lempeng besi yang dibutuhkan untuk membuat tandon air tersebut ?

                        Nama/No. Absen   : ……………………………………………..








































Text Box: MEJA GURUText Box: 30Text Box: 199Text Box: 10Text Box: 63Text Box: KELOMPOK 2Text Box: 4Text Box: 7Text Box: 5Text Box: KELOMPOK 1Text Box: 1DENAH KELOMPOK
















































               







DAFTAR NAMA KELOMPOK LESSON STUDY MATEMATIKA
SMP .........................................................

KELOMPOK 1:
1. Devi Ekawati     ( No absen  )
2. Hikmatullaily     ( No absen  )
3. Nurul laily          ( No absen  )
4. Moh. Yunus       ( No absen  )

KELOMOPOK 2: dst.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar